Siswa Kelas 5-B MIN 9 Langkat Praktik Membuat Rangkaian Listrik Seri dan Paralel Sederhana

Potret Siswa Kelas 5-B MIN 9 Langkat Praktik di Kelas, Selasa (11/11/2025).

Langkat (Humas) - Siswa kelas 5-B MIN 9 Langkat membuat rangkaian listrik seri dan pararel. Kegiatan ini berlangsung di ruang kelas 5-B pada pukul 11.30 WIB s.d. selesai yang dibimbing oleh guru kelas Fachrul Rozie, S. Pd. pada Selasa, (11/11/2025).


Salah satu materi IPAS kelas V Madrasah Ibtidaiyah adalah rangkaian listrik sederhana seri dan paralel. Kompetensi yang harus dicapai dari materi ini adalah siswa mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasil pengamatan tentang komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat. Rangkaian listrik seri adalah susunan komponen listrik yang dihubungkan secara berurutan dalam satu jalur tunggal, sehingga arus listrik hanya memiliki satu jalur untuk mengalir. Sedangkan rangkaian listrik paralel adalah rangkaian komponen listrik yang disusun secara berjajar sehingga membentuk cabang di antara sumber arus listrik.


Fachrul Rozie guru kelas 5-B terlebih dahulu menjelaskan tentang materi rangkaian listrik seri dan paralel serta menjelaskan langkah-langkah untuk membuat rangkaian listrik seri dan paralel dengan mempersiapkan bahan-bahan seperti, baterai, 2 lampu kecil, fitting lampu, saklar dan kabel listrik.


Fachrul Rozie mengatakan bahwa,” Peserta didik masing-masing bekerja sama melakukan percobaan membuat rangkaian listrik seri dan paralel sesuai dengan langkah-langkah yang tertera,” ujarnya.


Fachrul Rozie juga menambahkan bahwa,” Melalui praktek membuat rangkaian listrik sederhana seri dan paralel dapat meningkatkan keaktifan dan pemahaman siswa terhadap materi yang bersangkutan, pasalnya dengan eksperimen ini siswa dapat mengamati langkah dan praktik secara langsung,” ungkapnya.


Salah seorang siswa kelas 5-B berteriak kegirangan saat lampu sudah bisa dinyalakan berkat kerja keras dan usahanya. "Yeay, akhirnya lampu saya bisa menyala dengan terang. Pembelajaran ini sangat asyik dan menyenangkan", ucapnya.


Kepala MIN 9 Langkat Sopian, S. Pd. I., M. Sos juga sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. "Membuat rangkaian listrik seri dan paralel bagi siswa bermanfaat untuk meningkatkan keterampilan psikomotorik, pemahaman konsep fisika yang mendalam, dan kemampuan berpikir kritis. Melalui praktik langsung, siswa dapat memahami prinsip listrik secara nyata, melatih koordinasi tangan dan mata, serta mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam pemecahan masalah, "pungkasnya. (Fr)

Komentar