MIN 9 Langkat, Proyeksikan Madrasah Abad ke-21


MIN 9 Langkat, Proyeksikan Madrasah Abad ke-21

   Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 9 Langkat memproyeksikan 4 (empat) Komponen mendasar pendidikan Madrasah pada abad ke-21, yaitu Berkarakter, Berkompetensi, Literasi dan Numerasi. Secara umum, pendidikan diartikan sebagai upaya mengembangkan kualitas pribadi manusia dan membangun karakter bangsa yang dilandasi nilai- nilai agama, filsafat, psikologi, sosial-budaya dan Ipteks yang bermuara pada pembentukan pribadi manusia yang bermoral, berakhlak mulia, dan berbudi luhur. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa: “Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara”. Penjelasan singkat ini mengisyaratkan bagi para pimpinan lembaga pendidikan harus mempertegas   komitmen serta mempercepat proses aktualisasi niatan Negara dalam merespon tantangan zaman.

   Dari dasar pikir ini, MIN 9 Langkat berupaya mengaktualisasikan proyeksi Madrasah Abad Ke-21 dengan melaksanakan Kompetisi Sains MIN 9 Langkat yang bertujuan agar seluruh siswa merasakan dan menikmati moment berkompetisi serta di harapkan bagi seluruh tenaga pendidik dan tenaga kependidikan untuk terus berbenah dalam menyikapi tantangan zaman yang semakin kompleks ini. Selain itu, MIN 9 Langkat pastinya akan tetap melaksanakan banyak kegiatan lainnya yang telah dijadwalkan pada rapat kerja. Kepala  MIN 9 Langkat Sopian, S.Pd.I., M.Sos menjelaskan bahwa kegiatan yang terlaksana ini adalah salah satu wujud dari Madrasah yang berkarakter. Oleh sebab itu, seluruh kegiatan yang sudah terprogram ini harus tetap dilaksankan dengan ketentuan tidak mengabaikan tugas pokok dan fungsi utamanya. Selain itu, MIN 9 Langkat akan terus menjaga komitmen bahwa Madrasah sebagai wadah pendidikan yang berintegritas tinggi setidaknya tercermin dalam kemandirian belajar mengajar, kemandirian evaluasi pembelajaran dan kemandirian finansial sebagai wujud dari slogan “Madrasah Mandiri Berprestasi”.

Komentar