PPPK MIN 9 Langkat Ikuti Open Class: Sosialisasi Tata Naskah Dinas

Dokumentasi PPPK MIN 9 Langkat Ikuti Open Class: Sosialisasi Tata Naskah Dinas, Kamis (26/06/2025).

Langkat (Humas) - Seluruh Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) MIN 9 Langkat mengikuti kegiatan Open Class bertajuk Boost Your Skills: Open Class untuk Pengembangan Diri yang diselenggarakan oleh Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam upaya meningkatkan kompetensi pegawai baru dalam bidang administrasi pemerintahan. Kamis, 26 Juni 2025.


Dengan mengusung tema “Sosialisasi Aturan Tata Naskah Dinas bagi CPNS dan PPPK”, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai penyusunan tata naskah dinas yang sesuai dengan regulasi yang berlaku di lingkungan instansi pemerintah, khususnya Kementerian Agama.


Kepala MIN 9 Langkat, Sopian, S. Pd. I.,M.Sos., mengharapkan kegiatan ini dapat menjadi bekal penting dalam menunjang profesionalisme kerja para PPPK di lingkungan madrasah.


“Saya berharap kegiatan ini mampu memperkuat pemahaman administrasi kedinasan bagi pegawai baru agar dapat bekerja secara tertib, sistematis, dan sesuai prosedur. Tata naskah dinas merupakan hal mendasar yang mencerminkan kualitas kinerja sebuah instansi,” ujar beliau.


Materi disampaikan secara interaktif oleh narasumber dari Badan Moderasi Beragama dan Pengembangan SDM, yang membahas berbagai aspek penting seperti format surat dinas, penggunaan bahasa dan kop surat resmi, alur disposisi, hingga tata cara pengarsipan surat.


Selama sesi berlangsung, peserta menunjukkan antusiasme tinggi dengan aktif bertanya dan berdiskusi mengenai praktik tata naskah dinas yang sering ditemui di lapangan. Kegiatan ini ditutup dengan sesi refleksi materi dan penyampaian komitmen peserta untuk menerapkan ilmu yang telah diperoleh dalam pelaksanaan tugas sehari-hari.


Dengan terlaksananya kegiatan ini, MIN 9 Langkat berharap seluruh PPPK dapat menjadi aparatur yang profesional, berintegritas, dan mampu mendukung tata kelola administrasi madrasah secara efektif dan efisien. (Fr)

Komentar